16 Desember 2008

Pertumbuhan Gereja Zaman Rasul – rasul dan Gereja masa kini

Pertumbuhan Gereja Zaman Rasul – rasul dan Gereja masa kini
Dalam Pertumbuhan Gereja ada dua arah yang kita harapkan dapat tercapai , yaitu pertumbuhan secara kualitas juga pertumbuhan secara kuantitas.Apabila Gereja hanya mementingkan pertumbuhan secara kualitas tanpa pertumbuhan secara kuantitas bagaimana kita menggenapkan Firman Tuhan agar kita bisa menjadi saksi di Yerusalem , Yudea , Samaria dan sampai ke ujung bumi ,tetapi apabila kita hanya mementingkan Pertumbuhan secara kuantitas tanpa memperhatikan kualitas jemaat , maka Gereja akan menjadi Gereja yang duniawi , yang tidak mungkin akan memimpin umat di dalamnya sampai pada keselamatan di Surga , sehingga pengorbanan Tuhan Yesus di atas kayu salibpun akan menjadi sia – sia.
Pada zaman Rasul – rasul ada tiga perkara yang mempengaruhi Gereja pada masa itu :
1.Peran doa yang sehati , Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus ( Kis 1:14 ).Tuhan Yesus sendiri menyatakan , Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apa pun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga. Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka."( Matius 18 : 19 – 20 ).
Pada saat itu ada lebih kurang 120 orang yang berkumpul untuk berdoa tetapi secara hati mereka telah menjadi satu , yang mereka harapkan adalah janji Bapa , agar mereka diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat Maha tinggi ( Luk 24 : 49 ).Melalui doa yang bersatu hati Roh Kudus dicurahkan ( Kis 2 : 1 – 4 ) dan kemuliaan Tuhan melalui pernyataan MujizatNya dinyatakan di tengah –tengah umatNya ( Kis 2 : 43 ).
2.Peran serta Roh Kudus , Rasul – rasul berkumpul di Yerusalem yaitu untuk menantikan janji Tuhan mengenai pencurahan Roh Kudus , tanpa Roh Kudus murid – murid saat Tuhan Yesus ditangkap dan disalibkan , mereka seperti domba yang kehilangan gembala , bahkan mereka menjadi kecil hati dan menjadi penakut , bahkan Rasul Petrus yang menyatakan rela dipenjara bahkan rela mati bersama – sama dengan Kristus , telah menyangkal Tuhan Yesus sebanyak tiga kali , tetapi apa yang terjadi sesudah hari Pentakosta , saat Roh Kudus dicurahkan ,dipelopori oleh Rasul Petrus , Rasul – rasul bangkit dan mejadi saksi – saksi Tuhan yang berani , dan melalui kuasa Roh Kudus yang bekerja dalam diri Rasul Petrus , Ia berkhotbah pada hari Pentakosta , dalam satu hari saja, ada 3000 orang yang bertobat dan dibaptis , bukan itu saja oleh Kuasa Roh Kudus yang bekerja ditengah – tengah mereka , Rasul – rasul menyatakan Kuasa Tuhan melalui pernyataan tanda heran dan Mujizat – mujizat yang luarbiasa.
3.Peran dari tenaga kerja yang bekerja sama dengan Allah.Sesudah Yudas Iskariot mengkhianati dan menjual Tuhan Yesus , dalam penyesalannya saat Ia melihat Tuhan Yesus ditangkap dan akan disalibkan , Ia mengembalikan uang hasil penjualan Tuhan Yesus dan kemudian ia menggantung dirinya sendiri , dan untuk menggenapkan bilangan Rasul – rasul yang berjumlah 12 orang itu , maka dipilihlah Matias sebagai pengganti Yudas Iskariot.
Dalam kitab Amsal ada pernyataan , Kalau tidak ada lembu, juga tidak ada gandum, tetapi dengan kekuatan sapi banyaklah hasil ( Amsal 14 : 4 ) ,Dalam besarnya jumlah rakyat terletak kemegahan raja, tetapi tanpa rakyat runtuhlah pemerintah.( Amsal 14 : 28 ). Dengan adanya 12 Rasul Tuhan bersama – sama dengan murid – murid Tuhan pada saat itu , mereka telah menjadi suatu Laskar yang luar biasa untuk memenangkan banyak jiwa bagi Kerajaan Allah.
Apabila Gereja pada masa kini mendambakan pertumbuhan yang luarbiasa seperti yang telah terjadi pada Gereja zaman Rasuli , maka seluruh Hamba Tuhan , Pekerja Kudus dan seluruh jemaat , harus membangun Kesatuan hati , mengejar kepenuhan Roh Kudus dan tekun berdoa , agar Kuasa , kemuliaan dan mujizat Tuhan dinyatakan di tengah – tengah GerejaNya , juga kita harus peka terhadap panggilan Tuhan dan bersedia dibentuk untuk menjadi laskar yang kuat untuk membangun Kerajaan Allah di bumi seperti di Surga . Amin. Nathan Dermawan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan beri komentar untuk perbaikan